Beragam Jenis Berry dan Manfaatnya untuk Kesehatan

manfaat berry untuk kesehatan

Kini, banyak masyarakat yang menjadi lebih selektif dalam memilih makanan. Banyak masyarakat memercayai bahwa ada beberapa buah yang bersifat antivirus. 

Hal ini karena buah-buahan tersebut memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan imunitas sehingga tubuh tidak gampang terserang virus maupun bakteri.

Salah satu buah yang terkenal sebagai peningkat daya tahan tubuh adalah kelompok buah berry. Selain, rasa yang unik, berry ini juga bermanfaat untuk kesehatan jika sobat mengonsumsinya dengan rutin.

Berikut ini beragam jenis berry dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Simak sampai selesai, ya!  

Blueberry

Berry yang satu ini memiliki warna khas, biru tua. Para peneliti menyakini, dalam buah blueberry terdapat antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari kanker, penyakit jantung, dan demesia, serta berguna untuk meningkatkan imun tubuh.

Blueberry juga punya kandungan serat yang tinggi, vitamin K, dan vitamin C. Selain itu, buah ini rendah kalori sehingga aman untuk sobat konsumsi secara rutin.  

Blackberry

Blackberry hampir mirip dengan anggur. Berry ini memiliki kandungan zat polifenol. Zat tersebut berfungsi untuk mengatasi peradangan pada penyakit jantung maupun kanker.

Tidak hanya itu, blackberry juga membantu pemecahan gula di usus, lho. Fungsi tersebut dapat menurunkan risiko diabetes pada tubuh.  

Stroberi

Buah ini kaya akan vitamin C, asam folat, serta, dan antioksidan. Stroberi bisa membantu tubuh menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol, serta mengatur kadar gula dalam darah. 

Namun, stroberi tergolong buah yang tinggi akan gula sehingga tubuh cukup lambat dalam mencerna berry ini.

Anggur

Nutrisi yang terkandung dalam anggur dapat memproteksi tubuh dari kanker, gangguan penglihatan, penyakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, anggur merupakan sumber serat, kalium, vitamin dan mineral. Buah ini cocok untuk orang dengan riwayat diabetes.

Salah satu nutrisi utama dalam anggur adalah Resveratrol. Zat golongan polifenol ini mempunyai efek antioksidan. Resveratrol bisa melindungi sel dari radikal bebas yang memicu kerusakan sel.

Sobat bisa mendapatkan manfaat dari Resveratrol dengan mengonsumsi suplemen. Namun, membeli atau mengonsumsi suplemen tidak boleh dilakukan secara sembarangan. 

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker untuk memastikan sobat tidak sedang mengonsumsi obat-obatan lainnya.

Karena, interaksi obat dan suplemen dapat menyebabkan fungsi salah satunya jadi menurun. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang suplemen atau obat-obatan farmasi, silakan langsung kunjungi laman pafikotapontianak.org. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Beragam Jenis Berry dan Manfaatnya untuk Kesehatan"