Bayi Tidur di Ruang Gelap atau Terang, Mana yang Lebih Baik?

Bagi orang tua yang baru saja dikaruniai bayi, banyak hal yang harus diketahui dan dipelajari demi kebaikan tumbuh kembang si kecil. Salah satunya mengenai cara menidurkan bayi yang tepat.

Mungkin, Bunda pernah mendengar kontroversi tentang mematikan lampu ketika bayi tidur. Ada yang pro dengan informasi ini, ada juga yang kontra menolaknya. Tentunya Bunda ingin memberikan segala hal yang terbaik untuk si kecil tersayang.

Lantas, mana yang lebih baik? Bayi tidur di ruang gelap atau terang? Simak informasi lengkapnya di bawah ini! 

Tidur di Ruang Gelap atau Terang, Mana yang Lebih Sehat Bagi Bayi?

The National Center for Biology Information (NCBI) di Amerika Serikat dalam studinya menemukan bahwa tidur dengan lampu menyala mampu memperpendek durasi pelepasan hormon melatonin sekitar 90 menit.

Paparan lampu sepanjang waktu tidur juga akan menekan produksi melatonin hingga 50%. Padahal, melatonin ini adalah hormon yang mengatur siklus bangun dan tidur. Melatonin mempunyai peranan yang penting, bahkan terhadap anak-anak.

Dengan siklus bangun dan tidur yang baik, si kecil jadi terhindar dari berbagai masalah kesehatan. Perlu Bunda ketahui, bahwa gangguan tidur berkaitan dengan masalah mental, neurologis dan beragam penyakit lainnya.

Tidur yang cukup akan membantu tumbuh kembang fisik dan daya ingat anak berlangsung dengan baik. Salah satu upaya mendukung tercapainya tujuan tersebut ialah dengan meredupkan cahaya ketika tidur. Lampu yang diatur redup dalam ruangan akan memberikan stimulasi yang lebih rendah pada anak, sehingga membantu untuk menenangkannya.

Mematikan atau meredupkan lampu ruangan juga akan memberikan informasi pada bayi bahwa sudah tiba waktunya ia untuk beristirahat. Lambat laun, si kecil akan memahami jadwal tidurnya. Agar bayi tetap tidur nyenyak di malam hari, Bunda perlu menjaga kadar cahaya tetap sama saat ia tidur.

Sebab, bila ada perubahan intensitas cahaya, bayi akan lebih mudah terganggu tidurnya. Kesimpulannya, atur lampu di kamar tidur menjadi redup sebagai cara menidurkan bayi ketika sudah tiba waktunya beristirahat.

Gunakan pula popok Merries agar tidur bayi semakin nyaman, karena tiga lapisan di dalamnya mampu menyerap cairan lebih cepat dan banyak. Selain itu, bantalan lembut bersirkulasi akan membuat sirkulasi udara tetap lancar dan menghindarkan bayi dari risiko iritasi.

Langsung saja kunjungi laman merries.co.id untuk mengetahui informasi lebih lengkapnya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Bayi Tidur di Ruang Gelap atau Terang, Mana yang Lebih Baik?"