Ketahui Penyebab Gusi Berdarah yang Umum Terjadi

penyebab gusi berdarah

Ketika mengalami gusi berdarah kemungkinan orang-orang terbiasa untuk menyepelekannya, karena memang biasanya tidak akan merasakan sakit. 

Namun, sebenarnya gusi berdarah jangan dibiarkan karena bisa berbahaya jika terjadi terus-menerus. Adapun terdapat banyak penyebab gusi berdarah yang umumnya terjadi pada manusia. Apa saja penyebabnya?

Penyebab Gusi Berdarah

Berikut ini berbagai penyebab gusi berdarah yang sering terjadi. 

Menyikat Gigi Terlalu Berlebihan

Penyebab gusi berdarah salah satunya adalah karena seseorang menyikat gigi terlalu keras atau berlebihan. Ketika menyikat gigi yang terlalu keras maka bisa membuat gusi berdarah meskipun tidak sakit atau perih.

Untuk itu Anda bisa gunakan sikat gigi yang memiliki bulu lembut dan halus untuk membersihkan gigi dan merawat gusi yang mungkin sedikit lebih sensitif. Bulu sikat yang halus juga dapat memudahkan untuk membersihkan sela-sela gigi yang susah dijangkau.

Konsumsi Tembakau

Ketika merokok tentu saja Anda sedang mengkonsumsi yang namanya tembakau. Adapun rokok ternyata bisa menyebabkan gusi berfungsi tidak normal karena resiko gingivitis yang meningkat. Ketika gusi berdarah akibat tembakau yang tidak diobati bisa menyebabkan periodontitis.

Alasannya karena memang merokok membuat imun tubuh jauh lebih lemah sehingga tubuh jadi susah untuk melawan infeksi yang terjadi pada gusi. Saat gusi mengalami kerusakan karena merokok, maka lebih sulit untuk disembuhkan. 

Karang Gigi

Gusi berdarah juga sering dialami akibat karang gigi. Adapun karang gigi disebabkan oleh plak yang menumpuk terlalu lama dan bentuk menjadi keras serta akhirnya jadi karang gigi.

Anda yang mengalami gusi berdarah karena karang gigi, maka bisa menyembuhkannya dengan mengunjungi dokter gigi. Rutin ke dokter gigi 6 bulan sekali bisa membuat plak dan karang gigi bersih. 

Defisiensi Vitamin C

Berikutnya gusi berdarah juga bisa disebabkan oleh defisiensi vitamin C. Meskipun hal ini kurang umum tapi kekurangan vitamin C dalam jumlah besar ada pengaruhnya ke gusi yang mudah sekali menyebabkan pendarahan.

Untuk itu, Anda bisa konsumsi makanan dan minuman yang punya banyak kandungan vitamin c. Atau bisa juga pertimbangkan untuk konsumsi suplemen dan vitamin yang punya kandungan vitamin C.

Tentunya salah satu penyebab gusi berdarah juga karena kesehatan dan kebersihan gigi yang kurang dijaga. Bagi yang sedang ingin melakukan perawatan gigi, maka Anda bisa kunjungi Opal Dental.

Adapun klinik gigi ini menggunakan standar internasional untuk perawatan gigi. Alat yang digunakan juga lengkap dan canggih serta memiliki dokter gigi yang terbaik.

Tidak ada komentar untuk "Ketahui Penyebab Gusi Berdarah yang Umum Terjadi"