Altcoin Season: Pengertian Beserta Indikatornya

altcoin season pengertian beserta indikatornya

Apa itu Altcoin? Altcoin adalah kombinasi dari dua kata, yakni ‘alt’ dan ‘coin’ yang secara harfiah adalah cryptocurrency selain Bitcoin. Umumnya, Altcoin mem-branding sebagai alternatif yang lebih baik dibandingkan Bitcoin. Altcoins pertama yang diciptakan adalah Namecoin.

Dalam dunia cryptocurrency, juga dikenal istilah Altcoin Season. Ingin tahu penjelasan yang lebih lengkapnya? Yuk langsung disimak!

Pengertian Altcoin Season

Altcoin Season merupakan musim yang mengacu pada siklus pasar aset kripto, yang mana beberapa Altcoin (mata uang kripto selain Bitcoin) mengalami lonjakan harga secara tiba-tiba melampui BTC dan dolar AS. Dengan kapitalisasi pasar Bitcoin lebih dari Rp 12 kuadriliun, Altcoin mengambil sisanya dan berpotensi mengungguli Bitcoin selama periode tertentu.

Sebab, terjadi all-time-high di beberapa Altcoin pada pergerakan pasar aset kripto. Selama berlangsungnya musim Altcoin, Bitcoin cenderung mengalami kehilangan sebagian dominasinya di pasar kripto. Dengan kata lain, kapitalisasi pasar Bitcon jadi menurun dibandingkan dengan kapitalisasi pasar keseluruhan aset kripto lainnya di pasaran.

Metrik kapitalisasi pasar tersebut digunakan untuk menggambarkan ‘ukuran’ aset kripto. Sebagian besarnya ditentukan dengan mengalikan harga aset dengan pasokan aset kripto yang beredar.

Indikator Altcoin Season

Berikut ini adalah indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui kapan Altcoin season akan datang, di antaranya:

Muncul Tren Baru

Indikator pertama munculnya Altcoin season adalah munculnya tren yang menyebabkan Altcoin baru hadir di pasaran. Hal ini mengakibatkan dominasi Bitcoin jadi menyusut.

Keuntungan Altcoin dengan Kapitalisasi Besar

Saat Altcoin besar seperti Ether (ETH), Binance Coin (BNB) dan Ripple (XRP) mempunyai kenaikan harga yang bisa mengalahkan harga Bitcoin. Maka, hal tersebut bisa dianggap sebagai indikator bahwa keuntungan mungkin mengalir ke Altcoin lain. Artinya, Altcoin season telah dimulai.

Penurunan Dominasi Bitcoin

Secara historis, kinerja market bullish untuk Bitcoin kerap berakhir dengan periode keuntungan untuk Altcoin. Biasanya, tren ini merupakan hasil dari investor baru yang menuangkan investasi mereka ke Altcoin.

Dengan melakukan pertimbangan, bahwa Altcoin lebih terjangkau dibandingkan Bitcoin serta masih mempunyai ruang yang besar untuk berkembang.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai Altcoin season dan juga indikatornya. Bagi yang ingin membeli kripto, bisa mencari tahu berita-berita terkini tentang kripto di Pintu News. Aplikasi Pintu bisa menjadi rekomendasi bagi pemula yang mulai terjun ke dunia investasi, khususnya cryptocurrency.

Menu dan fiturnya yang simple memudahkan pemula untuk memahami bagaimana cara untuk berinvestasi. Tunggu apa lagi? Yuk investasi dengan mudah dan aman bersama Pintu!

Tidak ada komentar untuk "Altcoin Season: Pengertian Beserta Indikatornya"