Ragam Manfaat Mengonsumsi Buah Bagi Ibu Hamil

buah yang bagus untuk ibu hamil

Ketika hamil, para ibu akan dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang baik untuk tubuh bagi sang ibu juga janin. Salah satu makanan yang dianjurkan adalah buah-buahan, dimana buah-buahan mengandung nutrisi yang diperlukan seperti karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. Banyak pilihan buah yang bagus untuk ibu hamil, yang terpenting adalah ketika memilih buah tersebut yaitu buah harus segar dan bukan buah olahan.

Sebuah studi pada 2013 menyatakan bahwa asupan yang banyak dikonsumsi oleh ibu hamil akan menjadi preferesi lemak dan gula seumur hidup serta memengaruhi mikroba usus si kecil di awal kehidupan, sehingga hanya mengonsumsi fast food atau makanan dengan kalori kosong tentunya akan berdampak buruk bagi preferensi diet tubuh si kecil nanti. (lemihealth.id)

Lalu, buah apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil? Yuk, simak bersama!

1. Anggur

Anggur yang memiliki kandungan fruktosa, folat, vitamin C, vitamin K, asam organik, pektin, dan serat berguna untuk membantu ibu hamil pada saat terjadi perubahan biologis selama kehamilan. Tidak hanya itu, kandungan antioksidannya bisa menambah kekebalan tubuh yang dapat membantu ibu hamil untuk mencegah infeksi. Namun, ada salah satu jenis anggur yang harus dihindari oleh ibu hamil pada trimester awal yaitu anggur hitam karena anggur ini menghasilkan panas tubuh yang dapat membahayakan janin.

2. Apel

Buah yang memiliki beberapa warna kulit yaitu merah dan hijau ini kaya akan zinc, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, antioksidan, kalium, dan serat ini baik untuk membantu sistem kekebalan tubuh dan kecepatan tumbuh kembang janin. Kandungan pektin pada apel menjadi prebiotik yang memberi makan bakteri baik di usus. Tidak hanya itu, buah apel juga memiliki khasiat untuk mengurangi risiko bayi memiliki asma, penyakit atopik, maupun alergi.

3. Jeruk dan Lemon

Selain anggur dan apel, para ibu hamil juga wajib memasukan jeruk dan lemon kedalam daftar wajib buah yang harus di konsumsi. Jeruk memiliki kandungan vitamin C, folat, serat, dan memiliki kandungan air yang tinggi. Dengan kandungan air yang tinggi akan membantu para ibu hamil untuk terhidrasi dengan baik, melawan rasa mual, dan membantu penyerapan zat besi. Selain itu, buah jeruk juga mampu mencegah kerusakan sel, mencegah kelainan pada otak, dan mencegah kelainan sumsum tulang belakang pada janin. Jika bosan mengonsumsi jeruk, bisa diselingi dengan mengonsumsi lemon yang mengandung kalsium, kalium, dan magnesium yang baik untuk pertumbuhan tulang pada janin.

Nah, semoga para moms yang sedang hamil selalu melengkapi asupan gizinya dengan mengonsumsi buah sebanyak 5 porsi perharinya, ya!

Tidak ada komentar untuk "Ragam Manfaat Mengonsumsi Buah Bagi Ibu Hamil"