Manfaat Berinvestasi dengan Produk Asuransi

manfaat investasi dengan produk asuransi

Di zaman sekarang, semakin banyak orang yang merasa tertarik dengan investasi. Selain karena makin banyaknya pilihan instrumen investasi, cerita-cerita sukses orang yang sudah berinvestasi sejak lama juga menambah ketertarikan masyarakat untuk mulai berinvestasi.

Salah satu instrumen atau pilihan berinvestasi yang lumayan banyak dipilih adalah asuransi unit link. Apa itu produk unit link dan apa saja manfaatnya? Simak ulasannya dalam artikel berikut

Produk Unit Link

Produk pertanggungan unit link adalah jenis asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi sehingga dapat memberikan dua manfaat sekaligus: proteksi jiwa dan laba investasi (Media Indonesia). Dalam lingkup asuransi, produk satu ini merupakan primadona.

Pasalnya, Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) mencatat bahwa hingga Juni 2021, pendapatan premi produk unit link mencapai Rp64,44 triliun atau naik 17% dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya. Angka tersebut jelas menunjukkan nilai lebih produk unit link dibanding jenis-jenis asuransi lainnya.

Manfaat Investasi dengan Produk Unit Link

Sebagai gambaran, laba atau hasil investasi pada produk unit link berasal dari pengembangan dana di produk pasar modal yang diatur oleh manajer investasi perusahaan asuransi. Adapun produk pasar modal yang umum dipilih para manajer investasi adalah saham dan obligasi (Media Indonesia).

Oleh sebab itu, besar kecilnya hasil investasi akan mengikuti perkembangan instrumen saham atau obligasi yang dipilihkan manajer investasi untuk pemilik polis.

  • Potensi untung dengan modal perlindungan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, produk unit link akan menawarkan keuntungan proteksi jiwa sekaligus laba investasi. Cukup dengan satu modal (uang premi) saja, nasabah bisa mendapatkan manfaat pertanggungan atas risiko-risiko kehidupan sebagaimana produk pertanggungan jiwa murni. Di saat yang sama, nasabah juga berpotensi mendapatkan imbal balik dari uang premi yang sudah dialokasikan ke produk pasar modal. Bukan hanya menguntungkan, namun juga praktis, kan?
  • Perpanjang masa proteksi dengan hasil investasi. Manfaat produk unit link lain yang jarang diketahui adalah kemungkinan nasabah untuk memperpanjang masa proteksi jiwanya menggunakan hasil investasi (Media Indonesia). Andaikan periode proteksi telah habis dan nasabah belum mengambil laba investasinya, nilai tersebut bisa dijadikan modal (uang premi) untuk menambah masa proteksi jiwa. Efisien sekali, bukan?
  • Premi dapat dicairkan pada waktu tertentu. Pada produk asuransi jiwa murni, uang premi terhitung sebagai ‘dana hangus’. Artinya, seluruh uang premi yang telah nasabah bayarkan selama menjadi nasabah tidak bisa diambil kembali di akhir periode proteksi. Sementara pada produk unit link, uang premi tidak terhitung sebagai ‘dana hangus’. Sebaliknya, nasabah bisa mencairkan uang premi pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan perjanjian dalam polis.

Nah, itulah dia ulasan tentang produk unit link serta manfaat berinvestasi dengannya. Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar untuk "Manfaat Berinvestasi dengan Produk Asuransi"