Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah

Software sistem manajemen sekolah sudah banyak tersedia di pasaran. Nah bagi Anda yang akan membeli software sistem informasi, ada baiknya mengetahui tentang software tersebut. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui tentang softaware sistem informasi sebagai berikut. 

Software sistem informasi yang interoperability

Sebelum Anda membeli software sistem informasi, harus dipastikan bahwa sistem informasi tersebut mempunyai basis data yang sama. 

Atau paling tidak, terdapat fitur untuk melakukan ekspor impor data dari jenis data yang satu dengan jenis data yang lainnya. Hal ini bertujuan supaya sekolah tidak perlu kembali melakukan entri data saat berganti sistem informasi. 

Keamanan pada software

Saat akan membeli software informasi, keamanan harus menjadi perhatian utama. Hal ini karena sharing data adalah aspek penting dari adanya sebuah sistem informasi. 

Pada beberapa kelompok sistem informasi terdapat beberapa tingkatan keamanan. Seperti misalnya, pimpinan sekolah, guru, karyawan, dan tata usaha. Seluruhnya memiliki kepentingan masing-masing sesuai porsi dan tugasnya. 

Sedangkan pada siswa dan orang tua siswa, kewenangan penggunaan sistem informasi manajemen sekolah dibatasi hanya untuk mengakses informasi secara lebih detail dan dalam. 

Pelayanan pada sistem informasi manajemen sekolah

Hal lain yang penting untuk diperhatikan dalam membeli software informasi yaitu memastikan kualitas pelayanan yang ditawarkan. Sebelum software resmi Anda miliki, Anda harus pastikan apa saja pelayanan yang akan diberikan. 

Contoh dari pelayanan sistem informasi seperti apakah layanan yang diberikan kepada pembeli bisa dilakukan melalui telepon, email, dan fax. 

Hal yang demikian ini sangat penting sebab kendala teknis yang akan Anda jumpai ketika melakukan input data. Tak hanya itu, Anda juga suatu saat membutuhkan update dan upgrade software. 

Pelatihan yang diberikan penyedia software

Pelatihan sangat diperlukan bagi pembeli baru. Hal ini karena kerumitan dalam menggunakan software yang berbeda. Pengguna software memerlukan pengalaman dan kedalaman pelatihan sehingga bisa mengoperasikan software sistem informasi manajemen sekolah. 

Dua hal yang perlu dipertimbangkan, antara lain metode pelatihan dan besaran biaya yang harus dikeluarkan. Anda juga ingin melakukan pelatihan secara tatap muka maupun jarak jauh. 

Memasukkan data pada software informasi

Tujuan dari sistem informasi manajemen sekolah ini supaya pengguna bisa memasukkan informasi cukup sekali, yang selanjutnya pengguna bisa menggunakan berkali-kali. 

Yang tidak boleh luput dari perhatian seperti cara atau metode dalam melakukan input data. Anda bisa menanyakan apakah bisa Anda memasukkan data melalui internet, keyboard, telepon seluler, PDA, optical mark reader (OMR), kartu gesek, atau harus impor menggunakan sistem yang lainnya. 

Anda penting juga memperhatikan bahwasanya apabila melakukan input data dari tempat lain. Misalnya dari rumah. 

Anda juga perlu bertanya apakah informasi tersebut bisa diinput secara offline terlebih dahulu. Setelah selesai, selanjutnya dilakukan sinkronisasi ketika data sudah terhubung ke jaringan internet sekolah. 

Nah, pembaca, begitulah beberapa informasi yang perlu Anda ketahui tentang software sistem informasi atau SIM sekolah. Dalam dunia pendidikan dan perguruan tinggi, dikenal dengan istilah sistem informasi akademik. 

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk para pembaca. Penting untuk mengetahui beberapa hal sebelum membeli software. Hal ini supaya Anda tidak kecewa dan tidak mengalami kebingungan ketika akan menggunakan. 

Pentingnya sistem informasi manajemen ini guna menunjang kebutuhan dan managerial sekolah. Proses pengajaran dan hal-hal lain yang ada di lingkungan sekolah akan lebih efektif dan efisien dengan adanya sistem informasi ini.

Dan menjawab seputar sistem manajemen ini, sudah hadir Pijar Sekolah sebagai platform pendidikan terbaik yang siap membentuk sekolah Anda menerapkan digitalisasi di segala sektor untuk kemudahan dan brand awarness yang menakjubkan.

Tidak ada komentar untuk "Perhatikan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Software Sistem Informasi Manajemen Sekolah"